Selasa, 25 November 2014

struktur email

Struktur Email

Yahoo Mail adalah sebuah penyedia surat elektronik (webmail) dari Yahoo!. Ia merupakan penyedia surat elektronik terbesar di Internet, dengan jutaan pengguna. Penyaing utama Yahoo! Mail ialah Windows Live Hotmail, Gmail dan AOL Mail.
Bagian – Bagian pada Email :
e-mail    E-mail berfungsi sebagai sarana untuk mengirim surat atau pesan melalui jaringan Internet
Pop mail    POP mail adalah dapat dibaca dalam kondisi offline (tidak terhubung ke internet).
Email berbasis web    Email yang dapat dibuka di web. Tetapi harus memiliki koneksi internet untuk membukanya.
Email berbasis forwarding    E-mail forwarding adalah layanan e-mail yang meneruskan e-mail yang di terimanya ke alamat e-mail yang lain. E-mail jenis ini bermanfaat bagi orang yang suka ganti-ganti alamat e-mail.
Login    Login atau Sign in adalah proses individu memasuki suatu sistem tertentu
Logout    Log out adalah proses individu keluar dari suatu sistem tertentu
Reply    Reply adalah proses membalas pesan dari inbox ke orang yang mengirim pesan
Forward    Forward artinya mengalihkan atau mengirim email yang diterima dari satu orang ke orang lain.
Attachment    Menyisipkan lampiran atau file dalam email
Spam    email yang tidak diinginkan oleh pengguna fasilitas komputer dalam bentuk surat elektronik (email), karena biasanya spam berisi tentang promosi atau iklan suatu produk.
1. Address: alamat e-mail, tanda @ mutlak harus ada dalam e-mail
2. Inbox: kotak masuk e-mail yang dikirim kepada anda
3. Draft: tempat untuk memuat e-mail yang belum dikirim
 4. Outbox: e-mail keluar, folder tempat penampungan sementara/sesaat email pada saat akan di kirim. Jika email telah terkirim maka folder ini akan kosong kembali.
5. Spam: email yang tak diinginkan oleh si penerima yang dikirim oleh orang yang tidak dikenal (biasanya berbau komersil, kadang juga politis).
6. Sampah: folder untuk menyimpan pesan yang telah dihapus untuk sementara, dan pesan tersebut dapat terhapus kapan saja.
7. CC : copy carbon, dapat melakukan pengiriman email yang sama ke banyak alamat. Fasilitas ini tidak menyembunyikan alamat email penerima lainnya sehingga semua penerima email dapat melihat semua penerima email yang lainnya.
8. BCC : blind copy carbon, dapat melakukan pengiriman email yang sama ke banyak alamat, dimana penerima tidak akan dapat melihat alamat penerima lainnya.
9. Attachment : lampiran, istilah untuk dapat melampirkan beberapa file bersama email yang di kirim. Selain pesan dalam email tersebut, juga dapat melampirkan beberapa file yang terbatas pada ukuran tertentu, sesuai dengan ketentuan dari penyedia jasa email tersebut.
10. Bounce (pentalan, mental): pesan yang dikembalikan kepada pengirim, baik karena alamat email penerima tidak benar atau karena sedang ada masalah konfigurasi di sisi penerima.
11. Bot: software tertentu yang bertindak mewakili orang.
12. Mailbot: software tertentu yang membalas email secara otomatis.
13. Listbot: software tertentu yang mengendalikan distribution list atau mailing list.
14. Listserver: sama dengan listbot.
15. Subscribe: mendaftarkan email kita sebagai peserta mailing list atau newsgroup.
 16. Unsubscribe: memutuskan hubungan dengan sebuah mailing list atau newsgroup.
17. Post: mengirim email ke mailing list atau newsgroup.
18. Flame: pesan kasar atau tidak sopan.
19. Bomb-mail yaitu pengiriman email dalam jumlah yang amat sangat besar/banyak secara sekaligus (biasanya menggunakan program khusus). Dalam dunia internet, perbuatan ini merupakan suatu kejahatan.
20. Compose sama fungsinya dengan New Mail atau Send yaitu untuk mengirim sebuah mail baru.
21. Mailbox : istilah untuk sebuah account email dengan kapasitas penampungan tertentu yang di baut pada sebuah mail server.
22. Mail Server : server yang melayani dan mengatur proses pengiriman dan penerimaan email.23. Outlook : program mail client yang banyak digunakan saat ini. Ada 2 jenis Outlook yaitu Outlook Express (program standar bawaan Windows yang biasanya sudah ada ketika Anda menginstall Windows) dan Microsoft Outlook (program bawaan dari Microsoft Office).
24. Forward: melakukan penerusan sebuah email ke penerima lain.
25. Delivery Receipt: info yang diterima pengirim bahwa penerima email telah mendowload email yang dikirim dan telah disimpan di mail clientnya
26. Filters: Penyaring email yang masuk.
27. Header: Kepala email, berisi informasi penting mengenai server apa, jam berapa, darimana email itu, dll.
28. HTML Email: Email yang berisikan gambar dan teks
29. IMAP: Metode pengaturan email yang anda terima
30. Mail Transper Agent (MTA): Sistem yang bertugas meneruskan dan menghantarkan pesan email
31. Plain-text mail: Email yang hanya teks saja
32. POP3: Protokol yang digunakan untuk proses penerimaan email
33. Preview Pane: Halaman yang digunakan untuk membaca email tanpa harus membuka satu halaman baru
34. SMTP: Sebagai protocol yang mengatur pengiriman pesan email
35. Vacation messege: Untuk menginformasikan kepada pengirim email bahwa anda sedang tidak bisa membaca email
Manfaat dan Kegunaan Email :
1.    Media Komunikasi
Tentu, sebagai alat komunikasi elektornik, email atau surat elektronik adalah media komunikasi yang bisa dilakukan secara personal atau umum (komunitas)
2.    Media Pengiriman
Dengan email anda bisa melakukan pengiriman data ke seluruh dunia dan tentunya pengiriman yang anda dengan yang anda kirimi data sama-sama menggunakan alamat email, bukan alamat rumah. Tidak hanya itu, dengan menggunakan email anda bisa mengirimkan data ke banyak orang hanya dalam hitung menit bahkan detik
emailkamu@gmail.com ———-> data pengiriman ————> emailteman@gmail.com
3.    Efektif, Efisien, dan Murah
Melakukan pengiriman data melalui email adalah sangat efektif, efisien, dan murah. Maksudnya anda tidak perlu keluar rumah dan pergi ke kantor pos hanya untuk mengirim foto atau lamaran pekerjaan. Cukup melalui koneksi internet dan alamat email anda, pengiriman akan cepat sampai ke alamat tujuan dan tidak perlu biaya mahal
4.    Media Promosi
JIka anda bisa memiliki usaha di internet atau pebisnis online, anda bisa mengirimkan promosi produk ke para pelanggan anda dengan memanfaatkan daftar email pelanggan yang ada
5.    Media Informasi
Melalui email, anda bisa mendapatkan informasi-informasi terbaru dari seluruh dunia yang anda inginkan dengan cara menjadi pelanggan informasi dari media yang anda tentukan
6.    Membuat Blog atau Website
Dengan email anda bisa membuat blog dan website
7.    Sosial Media
Dengan email, anda bisa menjalin hubungan dengan teman atau orang lain. Baik menggunakan email itu sendiri atau melalui jejaring sosial seperti facebook, twitter, atau google .

0 komentar:

Posting Komentar